panduan-penggunaan-si-penari-sistem-informasi-layanan-kependudukan-kecamatan-miri

Panduan Penggunaan SI PENARI (Sistem Informasi Layanan Kependudukan Kecamatan Miri)

 17 Juli 2023 |  Administrator

Panduan Penggunaan SI PENARI (Sistem Informasi Layanan Kependudukan Kecamatan Miri)

Inovasi Daerah adalah semua bentuk pembaharuan dalam penyelenggaraan Pemerintahan Daerah. Sesuai dengan PP Nomor 38 Tahun 2017, Inovasi Daerah bertujuan  untuk meningkatkan kinerja penyelenggaraan Pemerintahan Daerah secara efektif dan efisien. Inovasi Daerah dapat berupa Tata Kelola Pemerintahan Daerah; Pelayanan Publik; dan/atau Inovasi Daerah lainnya sesuai dengan Urusan Pemerintahan yang menjadi kewenangan Daerah
 
Kecamatan merupakan salah satu komponen dari Pemerintah Daerah yang erat hubungannya dengan pelayanan publik. Pelayanan publik sendiri menurut PP Nomor 38 Tahun 2017 adalah kegiatan atau rangkaian kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan sesuai dengan peraturan perundang-undangan bagi setiap warga negara dan penduduk atas barang atau jasa dan/atau pelayanan administratif yang disediakan oleh penyelenggara Pelayanan Publik. Seiring dengan perkembangan Zaman kecamatan dituntut untuk dapat memberikan pelayanan publik secara optimal demi memberikan kepuasan kepada masyarakat
 
Kecamatan Sragen merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Sragen yang memiliki 6 kelurahan dan 2 desa. Pelayanan yang diberikan di kecamatan ini, antara lain pembuatan ktp, kk, surat keterangan pindah dan masih ada beberapa pelayann lain. Untuk saat ini Kecamatan ini belum memiliki website, sehingga proses untuk mencari informasi tentang pelayanan yang tersedia di kecamatan ini hanya dapat diperoleh dengan datang langsung ke kantor kecamatan. Kondisi seperti ini dirasa kurang efektif dan efisien, apalagi untuk masyarakat yang sudah bekerja.
 
Sistem informasi pelayanan administrai (SI-PENARI) adalah sistem informasi berbasis website yang akan memberikan informasi tentang pelayanan yang ada di Kecamatan Sragen, sehingga untuk dapat mencari informasi mengenai pelayanan yang tersedia maupun persyaratan, masyarkat di kecamatan sragen cukup membuka website kecamatan dari gadget yang mereka miliki seperti handphone, laptop, maupun komputer. Hal ini tentunya dirasa lebih efektif dan efisien bagi masyarakat yang ada, karena masyarakat bisa mendapatkan informasi tanpa terbatasi waktu.

Untuk kedepanya website kecamatan ini dapat dikembangkan untuk mendukung aplikasi lainnya berbasis website, sehingga dengan mengakses website ini, masyarakat dapat mendapatkan pelayanan pelayanan lainnya yang tersedia di kecamatan Sragen.


SIKEMA

Kirim Keluhan

Lacak Keluhan Anda!

KELUHAN TERJAWAB

AGENDA KEGIATAN


  • Event tidak tersedia.

PENGUNJUNG